Mobile Campaign di Indonesia: Hanya Indah di Atas Kertas?

Mobile Campaign di Indonesia: Hanya Indah di Atas Kertas?

Di atas kertas banyak sekali yang menggembar-gemborkan mengenai sekarang eranya, kita harus engage konsumen via mobile. Tapi kenyataannya di Indonesia, sepertinya belum ada sejarah yang menorehkan campaign di mobile yang berhasil, dan memuaskan. Saat ini yang sudah marak di Indonesia menurut saya hanya sekedar mobile advertising.

Apa sebenarnya yang terjadi? Ada beberapa faktor yang menurut saya mungkin menjadi penyebabnya.

Nggak bisa dipungkiri koneksi internet Indonesia terutama di mobile yang tidak stabil, sebenarnya berpengaruh pada pola konsumsi. Bagaimana mungkin akan buka aplikasi misalnya, kalo koneksinya sering mati, atau koneksinya lambat?

Di sisi lain jumlah pengguna di Indonesia itu jumlahnya masih kalah jauh dengan jumlah pengguna feature phone. Mengutip data yang dikutip oleh Detik Inet, hingga penghujung tahun 2012 kemarin, jumlah pengguna smartphone di Indonesia jumlahnya baru mencapai 28%. Sisanya masih dominan feature phone.

Perilaku Konsumen
Hal lain yang menghambat sebenarnya adalah, konsumen Indonesia yang sudah menenteng smartphone pun belum tentu mereka canggih. Saya yakin banyak yang menenteng HP terbaru,  tapi hanya digunakan untuk chat, telpon, dan sms plus foto-foto.

Smartphone kan lebih untuk menunjukkan status, bukan untuk melakukan eksplorasi apa yang bisa dilakukan oleh HP-nya. Ini sangat berpengaruh misalnya mau bikin campaign berbasis QR Code, atau harus download aplikasi dll, sesuatu yang sangat menyulitkan buat mereka.

Kesiapan Praktisi Industri Digital
Hal terakhir yang saya lihat adalah, memang di industri digital Indonesia , masih sangat minim pemahaman mengenai campaign di mobile. Semua orang terlalu sibuk untuk mendalami social media. Mobile pastinya punya karakteristik yang berbeda dengan pengalaman yang diperoleh di desktop atau laptop.

Referensi untuk memahami mengenai ini juga sepertinya masih sangat kurang. Padahal ini adalah masa depan industri digital. Mungkin perlu banyak dilakukan riset seputar ini di Indonesia. Karena apa yang dianggap sebagai best practicedi negara lain, belum tentu cocok dengan karakter konsumen Indonesia.

Apa yang menurut Anda paling dominan berpengaruh di isu ini? Atau punya variabel lain yang belum ada? Mari kita berdiskusi.

Related Blogs

Posted by admin | July 17, 2017
Mengapa Digital CRM Belum Populer di Indonesia?
Digital Customer Relationship Management (CRM), merupakan sesuatu yang masih sangat jarang terdengar di Indonesia. Digital bagi pemasar Indonesia lebih dominan berbicara tentang outbound marketing, dalam artian bagaimana membuat kampanye yang hingar-bingar,...
No Image
Posted by admin | July 17, 2017
Digital Marketing Campaign Strategy
Tulisan ini adalah pengalaman beberapa bulan terakhir saat banyak berdiskusi dengan pemegang Brand di berbagai kategori. menarik dan sangat insightfull. banyak sudut pandang yang berbeda di masing-masing Brand manager ini....